FISIP UPNVY Kenalkan Serunya Dunia Kuliah ke Siswa SMA Boarding School Batu Al-Hikmah

Rabu (1/11/2024), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN Veteran Yogyakarta menerima kunjungan dari SMA Boarding School Batu Al-Hikmah dalam rangka study tour yang dilaksanakan oleh SMA tersebut. Acara dilaksanakan di Ruang Seminar FISIP UPNVY, lantai 3, Gedung Agus Salim dan dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FISIP UPNVY, Dr. Hastho Joko Nur Utomo, M.Si.

Selama dua jam aktivitas diskusi, Dr. Hastho menjelaskan tentang 4 program studi sarjana yang ada di FISIP UPNVY dan prospek karier kedepannya setelah lulus. Antusiasme peserta terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diberikan. Salah satu pertanyaan datang dari Nadhif, dia bertanya, "mohon untuk dijelaskan terkait pak, dan kenapa kalau ingin lulus dari kuliah harus mengerjakan skripsi?".

Dr. Hastho menjelaskan bahwa skripsi adalah tugas akhir berupa karya ilmiah hasil penelitian mahasiswa yang topiknya sesuai dengan bidang keilmuan di program studi masing-masing. Namun, skripsi bukanlah satu-satunya tugas akhir sebagai syarat lulus program sarjana di UPNVY, mahasiswa juga bisa menulis jurnal ilmiah yang luarannya lebih ringkas dari skripsi.

Guru pendamping dari SMA Boarding School Batu Al-Hikmah menjelaskan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk mengenalkan siswanya kepada dunia perkuliahan, "ingin mengenalkan siswa ke dunia kuliah, supaya ada bayangan ketika sudah lulus (red: dari SMA) nanti, alhamdulillah anak-anak antusias dalam bertanya".

FISIP UPNVY menyambut dengan baik kunjungan ini dan berharap bisa memberikan gambaran tentang dunia perkuliahan, Dr. Hastho mengatakan, "kami tunggu kembalinya siswa-siswa ini tahun depan di FISIP UPNVY sebagai mahasiswa kami, supaya bisa merasakan serunya dunia perkuliahan".

Share: