FISIP UPN "Veteran" Yogyakarta Memperkuat Hubungan dengan Universitas Tanjungpura (UNTAN) melalui Upaya Kolaboratif

Dalam langkah signifikan untuk memperkuat kerjasama akademis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) di UPN "Veteran" Yogyakarta melakukan kunjungan yang produktif ke Universitas Tanjungpura (UNTAN) di Pontianak pada Selasa, 21 November 2023. Tujuan utama kunjungan ini adalah mewujudkan Memorandum of Understanding (MoU) melalui Eksplorasi Kerjasama.

Delegasi dari FISIP UPN "Veteran" Yogyakarta dipimpin oleh Dekan, didampingi oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan. Delegasi juga melibatkan Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi dan Hubungan Internasional, serta Sekretaris dari kedua jurusan tersebut. Tim penyambut dari FISIP UNTAN dengan hangat menyambut delegasi tersebut di tingkat departemen.

Acara dimulai dengan pertemuan sapaan dan diskusi yang diadakan oleh Dekan FISIP UNTAN dan timnya di kampus FISIP UNTAN di Pontianak, Kalimantan Barat. Selanjutnya, penandatanganan Perjanjian Kerjasama dilakukan, melibatkan Dr. Machya Astuti Dewi, M.Si., sebagai Dekan FISIP UPN "Veteran" Yogyakarta, dan Dr. Herlan, S.Sos, M.Si., sebagai Dekan Universitas Tanjungpura Pontianak.

Melampaui formalitas penandatanganan perjanjian, tim UPN Yogyakarta segera menindaklanjuti dengan Implementasi Arrangement (IA), terlibat dalam mengajar beberapa mata kuliah yang diikuti oleh mahasiswa UNTAN. Dosen seperti Retno Hendariningrum, Arif Wibawa, Siti Fatonah, dan Sri Issundari dari UPN Yogyakarta mengajar mata kuliah Komunikasi Antar Pribadi, Pengantar Ilmu Komunikasi, Public Speaking, dan Diplomasi, secara berturut-turut.

Semangat yang ditunjukkan oleh mahasiswa UNTAN selama kelas bersama menunjukkan minat yang nyata dalam pengalaman pembelajaran bersama.

Kerjasama ini antar universitas dan pertukaran dosen memberikan kontribusi signifikan untuk mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU) yang ditetapkan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi untuk semua perguruan tinggi. Inisiatif ini sejalan dengan IKU 3 - Dosen Berkegiatan di Luar Kampus, karena dosen aktif mengajar di institusi lain atau mendapatkan pengalaman industri. Secara bersamaan, ini mendukung IKU 6 - Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia.

Resepsi positif dan antusiasme dari semua pihak yang terlibat, termasuk kepemimpinan fakultas dan mahasiswa, menyoroti keberhasilan usaha kolaboratif ini. Pertukaran dosen antar kampus menjadi kesempatan berharga untuk pertukaran pengetahuan dan internasionalisasi dalam ranah akademis.

Share: